Soal Tanggal Mabroohh



Pernah ga liat sebuah tanggal kemudian mengingat sesuatu?

Kejadian aneh, lucu, sedih, haru, dan apapun yang terjadi pada tanggal itu, entah setahun yang lalu, 2 tahun yang lalu atau mungkin 30 tahun yang lalu. (ketauan tuanya)


Mungkin sebagian dari kita terlalu sibuk dan kadang hampir lupa tanggal, coba deh, sekali-kali duduk diam dan membayangkan apa yang terjadi pada tanggal saat ini entah berapa tahun yang lalu. Atau mungkin lu bisa nebak apa yang akan terjadi di tanggal ini di waktu yang akan datang. Mungkin aja tanggal ini bakal jadi tanggal pernikahan lu, tanggal kelahiran anak lu, atau tanggal cerainya lu. Who knows? Karena itu, mari coba berhenti sejenak dan pikirkan tentang tanggal saat ini juga. Lupakan gadget, tugas, dan apalah itu untuk sementara, dan rilekslah pada tanggal saat ini. 

Dan ini pengalaman gua di tanggal ini, 20 Maret, beberapa tahun yang lalu, yang masih jadi kenangan saat ini.

20 Maret 2013

UAN, sebuah test nasional bersama yang ‘katanya’ untuk mengukur prestasi seorang siswa akan digelar serentak pada bulan April 2013. Semua anak kelas 12 beserta gurunya berusaha berjuang agar bisa meneriakkan kata lulus, dan fuck you kepada pembuat soal UAN. Dan seperti orang kesetanan, guru berusaha mengejar materi yang memang harus dikejar layaknya gebetan. 
Dan di saat inilah seorang murid benar-benar diuji lahir batin. Maaf, maksud gua fisik dan mental, keingetan lebaran sob. Murid ga boleh sakit, walaupun udah blenek liat materi –materi UAN, dan murid juga ga boleh sakit jiwa karenanya. 

Gua heran sama Dinas Pendidikan, mereka itu sebenarnya siapa?


Mereka tidak bisa menentukan kelulusan kita hanya dari sebuah soal dengan materi yang belum tentu sama dalam lingkup ‘nasional’. Mereka layaknya mantan posesif yang minta balikan tanpa nanya kita masih suka atau tidak dengan dia. Katanya negara demokrasi, tapi murid tidak bisa menyuarakan aspirasi. Sepikk

Udah ah ngomongin politiknya, lama-lama keliatan kayak pejabat gue (copot konde). Dan di saat inilah gua bener-bener ngerasa kalo sekolah itu gampang masuk, susah keluar, kayak itu loh.. Itu.. 

Try out, pelajaran tambahan, dan materi. Dari Januari sampai Maret kita dijejali semua materi UAN, dan saat otak kita mulai penuh, Try Out pun diujikan. Haru, tawa, kerasa banget pada tanggal ini. Kita berusaha saling menghibur diri, walau pada kenyataannya itu tidak berarti. Tanggal ini adalah tanggal di mana gua, Aldo, berusaha mengepalkan tangan, dan berteriak pada langit: AKU AKAN LULUS!! (Backsound : suara geledek).

"Tidak selamanya ujian itu baik, dan tidak selamanya ujian itu buruk. Tapi ada satu ujian terbaik di dunia ini, dan ujian itu bernama Kehidupan."

Komentar

Postingan Populer